25 Agustus 2014

Ada Banyak Alasan untuk Memanggilmu UKHTI


Ada banyak alasan untuk memanggilmu ukhti, begitu kata seseorang. Memang sejak saya bergabung di kegiatan kerohanian sekolah, saya sering mendengar kakak tingkat yang putri memanggil sesama mereka dengan sebutan itu. Panggilan ini makin akrab di telinga saya ketika bergabung lagi di organisasi kerohanian kampus, kemudian hari.

Mengapa kamu memilih memakai sebutan itu? Kapan kamu menggunakan dan pada siapa sebutan itu kamu gunakan? Nah, inilah jawaban yang berhasil saya kumpulkan.

  1. Memanggil ukhti dengan tujuan untuk menghormati dan menimbulkan rasa segan. Senior dengan sesama senior, jika di situ ada adik tingkatnya sewaktu mereka bercakap-cakap, membahasakan diri mereka seperti ini. Tujuan mereka agar adik tingkat merasa segan. Maksudnya bukan yang negatif. Tapi lebih sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan “hormati yang lebih tua, sayangi yang lebih muda”. Ada efek yang diharapkan juga untuk jangka panjang. Haha! Sok tahu saya. 
  2. Memanggil ukhti karena alasan saudara seiman. Sesuai dengan pengertian yang saya ketahui, ukhti memiliki arti yang sebanding dengan saudara perempuan. Kalau menurut saya dengan panggilan ini di antara dua perempuan eh muslimah, ada rasa sayang yang ingin ditunjukkan. 
  3. Memanggil ukhti agar tidak ada perasaan aneh yang mengganggu. Khususnya untuk hubungan laki-laki dan perempuan. Jadi kesannya lebih netral. Barangkali sebagai orang jawa, panggilan DIK, MAS itu terkesan lebih akrab sehingga ini kadang-kadang menimbulkan prasangka dari pihak lain dalam bentuk pertanyaan “kok mbak ini sama mas itu kelihatan akrab ya? Deket banget. Ada apa ya? Jangan-jangan…. ” Heheh, padahal tidak ada apa-apa. Nah, untuk mencegah pihak lain berpikir macam-macam, akan lebih netral jika memanggil ukhti.
  4. Memanggil ukhti untuk tujuan provokatif. Eh? Jadi jika seseorang dipanggil ukhti, konon akan menimbulkan sugesti positif dalam dirinya karena dalam panggilan itu terkandung kesan alim dan sholihah.
  5. Memanggil ukhti agar terkesan lebih formal dalam forum. Kata teman saya, ketika ada forum rapat besar yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, menurutnya adalah waktu yang tepat untuk memanggil ukhti. Kalau di luar itu? Dia lebih sering memanggil nama saya tanpa embel-embel apapun. Sebenarnya saya juga lebih senang dipanggil dengan nama saja kalau sudah kenal. Agar tidak ada tembok di antara kita. Hehe!
  6. Memanggil ukhti karena tidak mengenal namanya. Biasanya jika ada pertemuan forum apa se-Indonesia begitu, belum tentu saling mengenal satu sama lain karena pesertanya dari berbagai penjuru. Agar terasa lebih akrab dan mendorong untuk kenalan, tidak jarang memakai sebutan ini.
  7. Memanggil ukhti karena ingin pedekate. Eh? Rasanya agak gimana gitu ya. Tapi ada sih kayaknya, laki-laki yang memanggil seorang muslimah dengan panggilan ini karena ingin pedekate. Emm, ini jujur tidak ilmiah dan hanya pendapat saya. Haha! Seorang yang dipanggil ukhti memiliki nilai lain yang mungkin bisa saja menarik perhatian lawan jenis sehingga ada yang ingin pedekate dan sok akrab ikut-ikutan memanggil ukhti. Hihihi! Ada modus di balik kardus.  LUPAKAN! Belum ada bukti soalnya.
  8. Optimizer punya alasan lain? Tambahkan sendiri ya!

Harap dicatat, semua ini hanya opini beberapa orang. Tidak bisa di-generator. Ups! Digeneralisir maksudnya. Tidak ada yang paling benar dan tidak ada yang paling salah. Bagi saya pribadi, tidak ada tuntutan khusus untuk memanggil saya ukhti. Eh, memang saya siapa? Haha! Saya lebih suka berbaur dengan semua orang, semua lapisan, tanpa harus ada embel-embel apapun. Asal tahu sama tahu batas-batasnya dalam pergaulan saja.

J

5 komentar:

  1. iya,,aku senang dipanggil ukhti loh,,serasa lebih dihormati,,,

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Salam kenal kembali, Mbak. Tapi boleh tak panggil MBAK aja kan? :)

      Hapus
  3. Aku jarang dipanggil ukhti. Biasanya pas pengajian doank. Heheh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana kalo mulai sekarang dipanggil Ukhti Beby? :D

      Halo, Ukhti Beby! ^_^

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)