8 Juli 2014

Membingkai Ramadhan "Ketika Sedang Tidak Puasa"


Waktu-waktu tidak puasa ketika orang lain berpuasa di bulan Ramadhan adalah waktu-waktu rawan. Rawan tidak mendapatkan makan siang. Hehehe. Eh, tapi ini benar lho! Banyak warung makan yang bukanya setelah asar atau agak sorean. Kalaupun ada yang buka, pekewuh juga mau beli makan siang.

Jadi saya pernah juga punya pengalaman, meskipun sedang tidak puasa, jadwal makannya ya ngikut orang yang puasa. Sarapan puagi-puagi sekali terus makan lagi nanti kalau sudah waktunya buka puasa. Bedanya saya masih bisa minum di siang hari kalau haus.

Tapi menurut saya rasa lapar ketika tidak berpuasa pada bulan puasa itu tidak seperti saat berada di luar bulan puasa. Terbawa suasana mungkin ya. Atau bisa jadi karena tidak bebas, jadi akhirnya terpaksa mengekang keinginan makan. Ya apapun lah, menurut saya yang penting jangan terlalu vulgar saja makan dengan lahap di depan mata orang yang sedang puasa. Iya memang dia sedang puasa sehingga harus menahan diri dari makan minum dan hal-hal yang membatalkan puasa. Tapi kan nggak gitu-gitu banget. ^^

Ya begitulah siklusnya perempuan. Harus bolong di tengah-tengah, eh ada juga yang bolong di depan dan di belakang. Jauh dari puasa, nggak bisa ikut tarawih, nggak bisa ngaji (tilawah). Tapi karena itu given ya harus tetap disyukuri dong! Memang sih tidak dapat pahala puasa, shalat dan ngaji. Tapi ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar di hari-hari tidak puasa tetap bisa mendapatkan peluang nambah-nambah kebaikan.

Salah satunya adalah berdo'a. Berdo'a kan tetap diperbolehkan. Jadi banyak do'a di waktu-waktu ini. Bukan cuma do'a mau makan saja lho ya!

Ya Allah, aku memohon ....
Semoga semoga semoga.... 
aamiin. ^^


Bisa juga membaca buku. Nambah-nambah ilmu kan jadi seru. Saya juga sedang (berusaha) membaca buku. Berusaha fokus itu susahnya minta ampun. Apalagi bukunya berat, dalam pengertian fisik memang bukunya lumayan tebal. Jadi nggak bisa dicangking kemana-mana. Dan dalam pengertian yang lain, berat karena bahasanya tingkat tinggi. Hehe, beda dengan ketika baca novel-novel remaja.


Banyak lagi sih sebenarnya peluang itu. Apalagi di bulan puasa yang pahalanya dilipatgandakan. So, meskipun sedang tidak puasa yuk tetap membingkai Ramadhan dengan indah.

Keep move on di bulan Ramadhan! :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)