21 September 2012

Surat untuk Bela


Bela, kalau punya kenang-kenangan indah dan berkesan susah ya buat dilupakan?? Kita sama. Apalagi di SMP beban pelajaran tidak seberat di SMA. Apalagi di SMP sudah punya teman-teman yang asyik dan saling memahami satu sama lain. Apalagi di SMP, punya guru-guru yang sayaaaaang banget sama murid-muridnya. Pokoknya nyamaaaan banget. Merasa disayang, merasa diperhatikan, merasa mendapatkan kebersamaan. Bukan begitu?

Nah Bela, ketika kita semakin gede, kita punya tantangan hidup yang semakin meningkat. Tantangan itu memang sudah seharusnya ada. Coba bandingkan adik kamu yang masih TK dengan kamu yang sudah SLTA, beda kan kebutuhannya? Beda juga kan cara berpikirnya? Tentu adik TK itu kalau minta mainan harus dituruti. Tidak peduli mamanya nggak punya uang, tidak peduli mainan itu mahal, tidak peduli mainan itu sebentar lagi cepat rusak. Pokoknya yang dia mau hanya mainan itu saja. Tidak peduli apa-apa di sekitarnya. Kita yang sudah SLTA tentu akan memikir ulang, apakah mainan itu bermanfaat bagiku atau tidak. Apakah uangku cukup untuk membeli mainan itu? banyak sekali pertimbangannya, hingga akhirnya kita memutuskan untuk tidak membeli mainan itu karena kita lebih butuh yang lainnya (beli buku misalnya).

 Bela, hehehe maaf jadi keman-mana. Intinya, sekarang posisi kamu sudah berbeda, kebutuhan kamu sudah berbeda. Biarlah kenang-kenangan itu tetap abadi dalam hati kita, yang bisa kita panggil kapan saja kalau kita sedang membutuhkannya. Tapi jangan terjebak pada satu kenangan itu sehingga kita tidak mau untuk mencari kenang-kenangan yang lain. Pada awalnya mungkin tidak betah berada di lingkungan baru, dengan orang yang baru, yang sama sekali tidak kita kenal (bahkan kadang pasang wajah angker). Akan tetapi, kita harus tetap berada di situ. Untuk apa? Untuk mengembangkan diri kita agar jadi manusia baru yang lebih baik. Nah, mengapa Bela tidak mencoba mencari kawan yang baik dan mulai mencintai mereka sehingga kalian bisa membuat kenang-kenangan baru seperti dulu di SMP? :)

Untuk adik-adik yang lain juga, yang belum betah dengan sekolah barunya dan tempat kos yang baru, cobalah lihat dirimu dan sekelilingmu, ada banyak hal baru yang harus dicoba lho! Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler misalnya, bikin kamu tambah teman dan tambah ilmu. Saya dulu juga ikut kegiatan-kegiatan seperti Pramuka, pecinta alam, kegiatan Islam, PMR, Jurnalistik, dst. Nah, hal-hal itu akan membantu kita untuk menjadi orang yang baru.

So, Sekolah baru????? Asyik tauuuu!!! :D
Selamat berjuang Bela! ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)