2 Juli 2012

Seribu Satu Nama

"Mengapaemakgwngasiehnamagwrahmaboekannyaliaatosemacamnya"


Bacanya pasti udah pusing duluan. Mengapa nama bisa sedemikian panjangnya. Oya, ini maksudnya nama akun media sosial, fb yang saya maksud. Ada kan  yang menulis nama akunnya sedemikian lebay? Nah, namun tak jarang kita menemukan orang-orang yang menulis nama akunnya dengan nama yang sebenarnya. Misalnya sejak lahir namanya Sophie Mutia, ya dia tulis saja nama akunnya dengan nama asli seasli-aslinya sesuai dengan nama di KTP, dan kartu keluarga. :)

Ya itu sih terserah yang punya akun saja. Maksud saya di sini cuma ingin berbagi saja sekaligus belajar menulis. Toh, saya juga tidak mau ambil pusing dengan itu semua.

Nah, ada beberapa hal yang jadi alasan kenapa orang memilih nama yang berbeda untuk akun fb-nya. Ini adalah sharing dari revolovers dan teman-teman di grup serupa.

Ini dia!


  1. Nama itu berisi harapan, misalnya Putri Si Baik Hati. Dia berharap dirinya sendiri menjadi orang yang baik hati. Kalyla Si Cewek Kuat, Embun Cantik Jelita Seperti Pelangi Di Langit Biru, dan seterusnya. Pada intinya dia berharap dia menjadi orang yang seperti dia tuliskan itu. (maaf kalau namanya nama-nama cewek semua).
  2. Biar lebih gaya. Mungkin saja pas lahir dulu bapak ibunya lagi nggak ada inspirasi buat nyari nama yang keren, funky, cantik, bagus, dan mengisnpirasi. Dan setelah menyadari namanya nggak up to date, si empunya nama mencari nama lain untuk akunnya biar lebih gaya. Oke, sah-sah saja kan?
  3. Untuk menutupi identitas.
  4. Orangnya tertutup dan pemalu. Jadi nggak mau orang lain tahu siapa nama aslinya.
  5. Biar lebih leluasa curhat apa saja. Karena sebagian besar orang nggak tahu nama aslinya, ya bolehlah dia curhat apa saja, termasuk hal-hal rahasia dalam dirinya. Toh, orang lain nggak ada yang tahu siapa dia sebenarnya.
  6. Banyak orang yang memiliki nama seperti dia. Kalau kita search nama kita di fb kan kadang-kadang suka muncul banyak nama yang sama, nah biar sedikit beda dengan yang sudah ada, dipakailah nama lain sesuai dengan keinginannya. Nah, yang terkait dengan poin ini, ada yang menambahi nama aslinya dengan nama panggilan. Misalnya Rahma 'embem'. Karena nama Rahma begitu banyak, makanya dikasih embel-embel 'embem' biar sedikit beda.  
  7. Punya kenangan tersendiri dengan sesuatu atau seseorang, jadi dia merangkai nama sendiri yang bisa menghubungkannya dengan sesuatu atau seseorang yang selalu dikenang tersebut. Biar kerasa selalu deket. 
  8. Ada orang-orang yang memiliki nama mirip nama cewek atau cowok. Misalnya saja nama DEVI kan umumnya dipakai cewek, nah ada cowok yang ternyata oleh orang tuanya diberi nama DEVI. Jadi deh nama akunnya diganti yang lain, daripada dikira cewek.
  9. Nama pena. Orang yang bersangkutan menulis nama akunnya dengan nama penanya. Dia lebih suka menggunakan nama itu karena mungkin saja lebih populer daripada namanya sendiri.
  10. Biar lebih mudah di lidah, makanya pakai nama panggilan. Ini alasan bagi orang yang punya nama sedikit rumit.
  11. dst.

Nah, ada begitu banyak alasan mengapa orang memakai nama akun yang berbeda di fb dengan nama aslinya. Semua diserahkan ke orangnya. Kalau saya sendiri lebih suka nama yang mudah diingat saja. 


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)