21 Januari 2012

Mencari Judul


Acak-acak dokumen. Berharap ada satu atau dua inspirasi yang datang dan membantuku untuk keluar dari kegelapan ini. #hiperbola

Apa pasal?
Setelah berhari-hari memikirkan untuk ikut atau tidak ikut sayembara novel WR yang jatuh tempo eh bukan utang, yang deadline pada 30 April, akhirnya dengan kemantapan hati sembilan puluh koma sembilan puluh sembilan persen aku memutuskan untuk ikut. Ya, mumpung bara api semangat masih menyala-nyala dan masih sehat jiwa dan raga mengapa tidak?

So, pagi ini sepulang kajian dari Masjid Nurul Huda Islamic Centre mulai menyalakan laptop. Mengobrak-abrik lagi dokumen yang kuberi nama file KARYA. Sekaligus mengobrak-abrik tatanan buku yang sudah kutata rapi sekitar tiga hari yang lalu. #sekaligus membuktikan bahwa kamarku lebih baik berantakan daripada rapi tapi diberantakin lagi#.

Yak! Ketemu juga akhirnya buku yang kira-kira bisa dijadikan referensi. Satu, dua, tiga, empat.... Waduh, banyak bener yang harus dibaca. Padahal ideku cuma singkat, padat dan jelas. Kuambil satu yang paling mendekati. #Sstt...coba skripsi dengan semangat seperti ini, pasti segera selesai :-/

Tapi sampai sesore ini belum menemukan sesuatu yang kucari. Simpel sih, aku cuma cari judul! Judul yang chic dengan ide yang sudah mulai berloncatan kesana kemari.

Yeee...akhirnya nemu juga. Judul pertama : Masih Ada Cinta di Hati Runi #asli yang ini nggak nyambung sama ceritanya. Yang kedua : Hitam Putih. Nah, jadi bingung akhirnya. Orang intinya cuma mau bilang habis gelap terbitlah terang. Tiba-tiba terlintas, gimana kalau pakai judul yang itu saja? Huh! Plagiat punya Ibu Kartini dong! Nggak mau lah! Nggak kreatif amat.

Akhirnya....
Akhirnya sampai detik ini juga belum ketemu judul yang pas untuk calon novelku itu. Nulis sih tetep berlanjut. Cuma rasanya ada yang janggal kalau belum plong hatinya dengan menemukan judul yang pas. Setidaknya kalau sudah ada judul, ada sesuatu yang diperjuangkan. Ini lho calon novelku. Keren kan?

Tapi pembaca yang baik, 
Sebaiknya kalau membaca ini jangan terpengaruh. Memangnya harus ada judul dulu baru nulis cerita? Nggak sih. Yang ini suka-suka aja. Pilihlah gayamu sendiri yang membuatmu tetap bersemangat menulis. ^^v

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)