9 Desember 2011

Takluk

Apa arti kata takluk?


Takluk adalah kata kerja.
1. mengaku kalah dan mengakui kekuasaan pihak yg dianggap menang; menyerah kalah kpd; tunduk kpd: Pangeran Diponegoro tidak mau -- kpd penjajah; me·nak·luk·kan v menundukkan; mengalahkan: ~ musuh; ~ nafsu; tak·luk·an n orang (daerah, negara, dsb) yg sudah ditaklukkan;
pe·nak·luk n yg menaklukkan;
pe·nak·luk·an n 1 proses, cara, perbuatan menaklukkan; 2 Pol perbuatan menaklukkan wilayah suatu negara melalui peperangan, mendapatkan wilayah secara tetap akibat dr peperangan atau penyerangan yg penuh kemenangan (http://www.artikata.com/arti-353011-takluk.html)

Ada apa dengan kata kerja yang satu ini?


Dengan geram aku membuka buku materi Al-Qur'an kelas 5 SD sembari membaca ta'awudz sesyahdu mungkin. Dia menoleh dari baling gulingnya. Yeah! Aku bersorak. Jangan katakan aku tidak bisa menaklukkanmu untuk belajar al-Qur'an sore ini. Kau tahu aku harus menjalankan amanah ini agar tidak mengurangi hakmu dan orang tuamu.
Harus aku akui awalnya anak ini benar-benar "ndableg" tingkat dewa. Apalagi kalau sudah asyik dengan game-nya, sedikit pun nggak bakal bisa dicolek.
Tapi rupanya ta'awudzku  membuat dia melirik sebentar. Hanya sebentar. Selebihnya dia makin asyik tenggelam di gulingnya.
Sepele, tapi membuatku harus bekerja keras. Ibunya menasihati untuk istirahat karena waktunya les. Sedangkan dia masih ingin bersantai karena mungkin capek.
Akhirnya dia mutung dan aku yang menjadi korban karena dicuekin. Tapi akhirnya dia mengaku kalah alias takluk. Itu karena aku enjoy aja ngajar tanpa peduli dia dengarkan atau tidak. So, hasilnya dia yang mulai tertarik dan sedikit demi sedikit memperhatikan. Yiha!!! ARD jangan bilang aku tidak bisa menaklukkkanmu. (ups, nggak boleh sombong dulu!)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)