21 Desember 2011

(Lagi) Melodi Cinta Putih Abu-abu

Yupz! Kali ini lagi-lagi promosi kumcer asyik yang satu ini. Yaaa, ikut-ikutan Uda Agus yang semangat 2011 '45 buat berkoar-koar promosi nih buku. Namanya juga buku keren dari penulis yang keren-keren.

Wihiiii!!!!! Nah, untuk menuntaskan rasa penasaran pembaca yang belum punya duit sempat beli, ini nih bocorannya. Simak ya!
Banyak yang bertanya, bercerita tentang apa saja cerpen-cerpen di dalam buku Melodi Cinta Putih Abu-abu itu dan siapa-siapa saja penulis yang tergabung di dalamnya? Berikut sedikit Review tentang buku Melodi Cinta Putih Abu-abu:


DIAM sebagai cerpen utama dalam buku ini ditulis oleh Happy Rose dari kota Malang, bercerita tentang seorang remaja SMA yang sangat pendiam. Motto 'diam adalah emas' benar-benar menjadi semboyan hidup si tokoh utama. Tapi ketika ada orang selain ibunya yang memanggil bapak-nya dengan kata 'sayang', akankah dia akan tetap diam?

SAFAR adalah cerpen pemenang ke-2 dalam buku MELODI CINTA PUTIH ABU-ABU, di tulis oleh Bambang Kariyawan YS, seorang guru dari kota Pekanbaru. Cerpen ini berkisah tentang tokoh bernama Safar yang benci dengan namanya itu. kenapa?

LAKI-LAKI PUTIH BIRU adalah cerpen karya Lambertus Hermawan yang kini berdomisili di Surabaya. Cerpen ini ditulis dari berbagai macam sudut pandang tokoh-tokohnya. Menarik? Tentu saja, inilah cerpen pemenang 3 dalam lomba menulis cerpen dengan tokoh utama pelajar yang 15 naskah pemenangnya ada dalam buku Melodi Cinta Putih Abu-Abu.

Ada kejadian seru terjadi di GANG KAMBOJA karya Ilham Fauzi yang kini sedang melanjutkan studinya di salah satu perguruan tinggi di propinsi Riau. Cerita horor? Atau misteri? Membaca judulnya mungkin kita bisa menebak jenis tulisannya... tapi tidak akan ada yang bisa menebak bagaimana akhir kisah di Gang Kamboja. Ikuti keseruannya dalam buku Melodi Cinta Putih Abu-abu... Ingin baca cerpen komedi yang bikin kita ngakak?

Ada GATOT NGACA yang ditulis oleh Hesti Daisy dari Samarinda. Ngocol? bikin ketawa? yah begitulah adanya, bahkan membaca judulnya saja sudah membuat bibir tersenyum. Komplitnya ada dalam buku Melodi Cinta Putih Abu-abu.

‎Zian Armie W dari kota Banjarmasin menghadirkan cerpen berjudul TUGAS MENGARANG. Apa yang kita lakukan jika guru Bahasa Indonesia memberikan tugas mengarang? Ya.. tentu saja kita akan berusaha mencari ide untuk ditulis dalam karangan itu. Lalu apa yang dilakukan tokoh utama dalam cerpen TUGAS MENGARANG dalam menyelesaikan karangannya, ia berkeliling2 kota untuk mencari ide karangannya, berhasilkah?

Kita Masih Berputar, ya... setiap hari kita akan selalu berputar, seperti roda, begitulah hidup, kadang di bawah, kadang di atas, seterusnya kita akan berputar.... itulah cerpen karya Kartika Hidayati asal Tegal yang ditulis dengan kata-kata yang indah dan mengalir.

Adelina sangat senang, dia punya sayap, berwarna warni. Setiap hari dia bercengkerama dengan sayap-sayapnya. Setiap hari mereka membicarakan Andre, pacar Adelina... Suatu hari, Adelina terbang bersama sayapnya, menjemput Andre yang sudah jarang datang. SAYAP ADELINA, cerpen menghanyutkan karya Alizar Tanjung dari Padang Sumatera Barat.

Tak ada yang lebih indah, dari hujan bulan Juni.
Dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu. Tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni. Dihapusnya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu. Tak ada yang lebih arif, dari hujan bulan Juni. Dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu. Itulah Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono yang menjadi ispirasi Agil Hp, siswi SMP yang menulis cerpen berjudul BEHIND THE RAIN yang sangat romantis dan hangat.. :)

Sebuah tren 'aneh' kini tengah melanda sebuah sekolah, yaitu percobaan bunuh diri atau 'ngancam' bunuh diri. Ada apa dengan tren itu? cerpen berjudul KABAR ITU karya Ulfa Zaini ini akan mengungkap maksud dibalik tujuan 'ngancam' bunuh diri tersebut... ending yang tak disangka-sangka.

Mereka berpakaian sama, bergerak sama, melangkah seirama, masuk ke kelas yang sama, semua serba sama, teratur, rapi, seperti robot. Cerpen karya Dodi Prananda yang kini menetap di Depok ini bercerita tentang sekelompok siswa yang telah diprogram sedemikian rupa tak ubahnya seperti Robot. Cerpen yang layak untuk diapresiasi.


Alf Fay dari Yogyakarta hadir dengan sebuah cerpen yang ditujukan buat remaja yang punya mimpi untuk jadi penulis. Apa yang harus dilakukan dengan mimpi itu? wujudkan.
AKU DAN MIMPIKU adalah judul cerpen dari Alfi / Fay yang masih berstatus pelajar di SMA N 1 Bantul ini.

Mungkin di antara 16 cerpen yang terdapat dalam buku Melodi Cinta Putih Abu-abu, KARPET MERAH adalah satu-satunya cerpen yang bisa membuat mata berair. Berkisah tentang perjuangan dua orang kakak beradik mengarungi kerasnya hidup, betapa pentingnya uang untuk melanjutkan sebuah cita-cita. Tapi uang bukanlah segalanya. Masih ada tekad keras dan usaha yang insyaallah jauh lebih bernilai daripada uang. Rahma Esti dari Surakarta meramu cerpen ini dengan sangat apik.

Cincin Bermata Hijau karya Siska Yuniati dari Bantul akan membawa kita pada aroma mistis. Bercerita tentang Mbah Kakung yang memiliki cincin bermata hijau pemberian seorang suster Alin saat masa perang dulu. Ada apa dengan cincin itu?

Asdar, seorang siswa nakal, suka minuman keras, suatu hari menunjukkan arah mesjid dengan telunjuk kanan-nya pada sekelompok pria berjenggot yang bertanya padanya. Suatu ketika, bis yang ditumpangi Asdar masuk jurang dan terbakar, menghanguskan seluruh isi bis, dan keanehan terjadi dengan telunjuk kanan Asdar. Temukan keanehan itu pada cerpen TELUNJUK KANAN karya Rizky Kurnia Rahman dari Bombana ini.

Seluruh rangkaian cerita dalam buku Melodi Cinta Putih Abu-abu ditutup dengan kisah Ega (cowok sma berkulit putih) dengan Sari (yang bergelar si cewek abu-abu). Lika-liku persahabatan dan cinta mereka dikemas dengan asyik oleh 'Uda Agus Githu Lho' dalam cerpen yang juga menjadi judul buku ini, MELODI CINTA PUTIH ABU-ABU.

Nahhh...memang bener-bener asyik kan? Eits, bulan tahun depan ada lombanya sesi dua lho. Nantikan aja. (bocoran dari Uda Agus). Oke, masih belum puas dengan kumcer yang satu ini???? Ya udah deh, pesen aja ke leutikaprio.com atau mau nitip pesan aku? Boleh, inbox aja. So, buruaannnnn!!!!!! ^_^



from note Uda Agus (dg sedikit edit)

3 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)