20 Maret 2013

Nasihat Om Edison


Kata Om Edison, seringkali orang berhenti karena tidak menyadari betapa dekatnya dia dengan kesuksesan. Entah redaksionalnya seperti apa, saya lupa-lupa ingat. Juga benar tidaknya yang ngomong seperti itu adalah Om Edison atau bukan, saya juga lupa-lupa ingat. Tetapi terus terang, kalimat ini menjadi salah satu motivator bagi saya saat menghadapi masa-masa sulit atau masa-masa berat dalam meraih tujuan saya.

Tentu saja tidak hanya kalimat ini. Pertama-tama saya lebih meyakini janji-janji Allah dalam kitab suci. Dan saya pikir tidak salah mengambil motivasi atau inspirasi dari orang-orang yang barangkali pada masanya, sama-sama mengalami hari-hari berat sebelum kesuksesan menyapanya. Yang saya bicarakan di sini adalah kesuksesan duniawi atau saya sebut kesuksesan kecil seperti menyelesaikan studi, menjadi pengusaha sukses, menjadi penulis buku best seller, mendapatkan beasiswa ke luar negeri, dan seterusnya.

Tidak jarang bukan dalam hidup kita pernah ada hari-hari berat yang membuat penat?

Ya, contoh kecil saja yang pernah saya alami sebelum menyelesaikan studi beberapa waktu yang lalu. Ada saja hal-hal kecil yang kadang-kadang membuat kepala terasa ingin meledak. Baik itu karena kesalahan sendiri sebab lalai, atau sebab keadaan memaksa demikian atau karena apapunlah. Menjelang hari terakhir pendaftaran wisuda, tiba-tiba saya baru tahu kalau memiliki tanggungan buku di perpustakaan yang tidak pernah saya pinjam, dan kena denda hampir empat per lima juta. Parahnya, saya tidak tahu siapa yang telah meminjam buku-buku tersebut. Seperti itulah. Rasa-rasanya saat itu saya ingin menyerah. Pesimis dengan waktu yang tersisa, dua kali dua puluh empat jam. Pernah kan mengalami entah itu hal apapun dalam hidupmu yang membuat hari-hari terasa berat?

Padahal, tentu bukan hanya peran sebagai mahasiswa saja yang kita jalani. Tentu bukan hanya sebagai karyawan dalam sebuah perusahaan saja yang harus kita fokuskan. Tentu bukan hanya sebagai seorang pengajar saja kewajiban yang harus kita tunaikan. Saya yakin, tentu bukan. Kita makhluk multi role.

Nah, nasihat Om Edison ternyata bekerja. Kalimat ini membuat saya terinspirasi. Tentu saja di dunia ini ada ribuan kalimat motivasi yang lain selain nasihat dari Om Edison ini. Ini hanya salah satu contoh kalimat-kalimat motivatif yang menginspirasi saya. Selain itu kan tetap dibutuhkan kemauan kuat dari dalam hati untuk memerangi hari-hari berat itu. Lalu tentu saja Anda tak mau menyerah begitu saja kan saat menghadapi hari-hari berat dalam hidup? Oho, badai pasti berlalu.

Kita punya pilihan, Sobat. Jangan menyerah! Allah Maha Besar! J


#nasihat untuk saya sendiri. Masih banyak hal yang harus saya lakukan dan tidak boleh gampang menyerah. Fighting!

2 komentar:

  1. terima kasih atas nasehat yg ukhti berikan..
    semoga saya dapat melalui hal2 sulit dalam hidup ini...

    Makasih juga udah follback ^^

    BalasHapus
  2. Hehe, itu nasihat buat saya sendiri. Syukurlah kalo ada yang terinspirasi juga.
    Sama2 :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon tinggalkan pesan jika berkenan. :)